Langsung ke konten utama

INI CERITA GUE, MANA CERITA LOE???

Gua sedikit cerita tentanga masa kecil gua, nama gua rizky hidayatulloh, biasa dipanggil rizky, gua lahir di keluarga sederhana, gue anak ke -2 dari 3 bersaudara,aku punya kakak perempuan, namanya rischa lusiana,gue lahir di sebuah desa, intinya gue lahir di kota Sampit, Kalimantan Tengah. Ayah gue bekerja sebagai wiraswasta, dan juga pekerjaan sampingan sebagai petani kelapa sawit, ibu gue juga petani, masa kecil gue indah,dan pada saatnya kami kumpul di malam itu, ibu gue cerita kalau dulu waktu kecil aku paling sering main dibawah meja makan, merangkak, dan sesekali kepala gue ini kebentur tuh meja, akhirnya ya udah tau semua kan, nangis hehehehe. Dan berlanjut dulu waktu kecil ibu gue sering belajarin gue nanyi , dan katanya disalah satu liriknya ibu gue bilang : “ki, dulu kamu bilang roti mari(sekarang namanya roti gabin) itu noti mae”, gue ketawa,namanya juga masa kecil, gak ada yang pernah tau kita dlunya kayak gimana, kecuali ortu kita,
Ok kisah berlanjut gua masuk TK, dulu tu ya ni gua cerita harga nasi bungkus itu 1000 – 2000 rupiah, itu pun gua makan kadang kagak habis, saking banyak nasinya, dulu masa TK gua ya seru, intinya TK itu berangkat , makan, main, belajar, trus pulang. Skip aja ya, dan pada waktunya kami lulus TK,
Lanjut ke SD, SD aku di SDN 1 KARANG TUNGGAL, masa SD itu, masa transformasi mulai dah belajar berhitung, saat itu ya gua paling benci sama pelajaran Matematika, sampai sekarang  gua kuliah ada mata kuliah kalkulus juga, tetep ane paling sulit mengerti, lanjut dikelas 3, waktu pembagian raport, gue sih agak kaget, alhamdulillah dapat ranking -3, rangking 1 nya sih temen gue cewek, Namanya arta ariska sihaloho, dia orang batak, juara 2 nya cewek juga, namanya Cherlina Helda K, waktu kelas 3 SD itu juga gua ikut ekstrakurikuler PRAMUKA, dulu pramukanya setiap hari sabtu, pukul 14.30 WIB, dan akhirnya aku ikut Kemah Di Kecamatan karena sekaligus memperingati HUT PRAMUKA, kemahnya itu 3 hari, gue tentunya seneng banget, gue siapin tuh alat alatnya, karena gue juga menjabat ceile menjabat haha, aku dipercaya sebagai wakil ketua regu, Tiba saatnya keesokan harinya kami berkumpul di SD kami, dengan seabreg barang bawaan, tak lama mobil jemputan datang, gue sama temen temene pun naik dan berangkat ke tempat perkemahan, kemahnya itu di SMPN 1 PARENGGEAN, itu tepatnya di kecamatannya, sampai ditempat, kami harus sesegera mungkin membangun tenda karena cuaca saat itu sedang tidak bersahabat, linggis & cangkul pun dikeluarkan, tau gak coy,apa yang kita gali, batuan latrit semua gaes, kerasnya minta ampun hahahaha, mau gak mau demi regu kami, apasih yang nggak buat kalian semua gaes,,eeaaa. Tenda udah berdiri tegak, waktu sudah menunjukkan pukul 16.00WIB, kami mandi gaes,tapi kami harus berjalan sekitar 400 meteran gaes, kami mandi di dekat sungai, jam 5 an sore kami balik ke tenda lagi, berlanjut ke makanan, kami masak bareng bareng, walaupun hasilnya gak begitu enak, tapi tetap kami nikmati bersama, setelah itu kami tidur untuk kegiatan besok pagi, disaat tengah malam ni, ada temen ane bangunin gue, “ris,ris tangi, ancani aku nguyuh (artinya : ris ris bangun, temenin gua kencing)”, gua bangun dengan mata merem melek gitu, gua berdiri,eh temen gue malah sembunyi ketakutan gitu dibelakang gue, entah kenapa, trus gue tanyain, kenapa lu ? trus dia jawab , apaan tu didepan kaya ada binatang anjing, kebetulan tenda kami dipojok jadi banyak pepohonan, trus gua lempar tuh pake batu, kok gak pergi , gua dekatin eh ternyata itu tunggul kayu,itu bukan anjing kataku, hahaha, trus temen gue akhirnya bisa melepaskan panggilan alamnya, setelah itu ,kami tidur kembali, ok next keesokan harinya, ya seperti biasa kami mandi pagi – pagi, kerana disananya antre, udah itu ada kegiatan perlombaan sampai sore, dan keesokan harinya kami pun pulang karena acara kemahnya sudah selesai, capeknya tapi masih kalah sama serunya acara, ada lomba cerdas cermat, yel yel,next aja ya, naik kekelas 4, naik ke kelas 5, dan sampai juga di kelas 6, ini yang menurut gua banyak kenangannya, soalnya yang namanya kelas 6 itu udah kaya yang nguasain sekolah, karena kastanya,, hahaha udah paling tinggi, ceila, dikelas 6 ini banyak suka dukanya, ya biasa, kalo lupa bawa buku / lupa ngerjain PR, berdiri didepan kelas, dan berakhir di WC guru & siswa, suruh bersihin tuh WC .hahaha waktu kian berganti sampai pada waktunya hari perpisahan kelas 6, sat itu gua ada ngisi dengan lipsing lagu The Lucky Laki,Bukan Superman. Sebelumnya sih kami latihan kurang lebih seminggu sebelum acara, jadi setiap sore itu kami kumpul dirumah wali kelas gue, kebetulan rumahnya di berseberangan dengan kelas 1 – 3, latihan dan latihan, sampai di acaranya,sebetulnya jujur gue agak demam panggung gitu,tapi setelah aku dan teman teman tampil,rasanya plong,,,dan saat yang menegangkan, pengumuman kelulusan, dag dig dug,dan hasil pengumumannya, LULUS 100% Alhamdulillah,
Ok cerita berlanjut ke jenjang SMP, saat itu gue dan teman teman mutusin buat daftar di SMPN 3 PARENGGEAN, udah tu lengkapin persyaratan, skip aja ya,udah tau semua kan , tiba di haris MOS nya, pokoknya bawaannya aneh aneh, dan ada disuruh sama kakak panitia MOS nya suruh kumpulin tanda tangan 20 orang, ya agak susah susah gampang, karena kakak kakaknya permintaannya aneh aneh, ada yg disuruh joget dulu biar dapat tanda tangan, ada yang disuruh nyanyi dulu, pokoya kocak deh, masa MOS udah berlalu, dan resmi jadi siswa SMPN 3 PARENGGEAN, ciye, masa SMP menurutku masanya cinta monyet , ceile rizky suka sama monyet ? WTF  ya kagak lah coy,gue normal,di SMP itu banyak ketemu sama temen baru, dari suku, agama yang berbeda beda, ada yang orang dayak, orang jawa, orang sunda, di masa SMP, pemikiran udah mulai berkembang coy, yang dulunya SD masih main aja kerjaannya pulang sekolah, sekarang SMP pulang sekolah dapat hadiah tugas, baik tugas individu ataupun tugas kelompok. Guru gurunya juga kebanyakan orang jawa dan sunda, dikelas 10 itu ibaratnya kami masih polos gitu, jarang melanggar tata tertib sekolah, next naik ke kelas 11, ya udah mulai keluar bandelnya, walaupun masih dikit wkwkw, kanjut dikelas 12 ,ini ni sama yang gua ceritain waktu SD dulu, kelas 12 itu udah kayak sesepuhnya, jadi itu adek kelasnya pada takut sama angkatan kami, angkatan tua wkwkwkwk, ni gua juga mau cerita, dikelas 12 juga gue kenal sama yang namanya cinta & pacaran, terus terang gua dulu suka sama temen sekelas gua, namanya wulan, di cewek ya pastinya , dia orang sunda, cantik, imut, ada gigi gingsulnya, jadinya kalo ketawa itu, ya yang bikin nyes di hati wkwkwk, pertamanya gua dapat nomer HP nya sama temen gue, dan ternyata temen gue juga suka sama dia, nah dulu gue nembak dia lewat HP, sama kaya temen gue yang satunya, alhasil pagi itu kami di ejekin sama temen temn ceweknya gebetan gue, disindir  gitu pokoknya, akhirnya si gebetan itu milih gue, yes ,tapi cewek gua ini susah susah gampang, apalagi kalo disuruh pulang  bareng naik motor, alamak susahnya, tapi kami ya masih malu malu gitu (maklum masih cinta monyet), saat gue ultah, cewek gua ini gak hadir disekolah, dia Cuma nitip kado sama temennya,udah lah kagak usah di bahas lagi coy, intinya kami Cuma 4 bulan pacaran, trus dia mutusin gua. Setelah itu gua berpikir buat fokus belajar aja, ceile rajin haha, walaupun gua sama dia udah putus tapi kami masih bersahabat. Skip aja ya, sampai di hari pengumuman kelulusan, waktu itu pagi hari gua lupa hari apa kami kumpul di laboratorium IPA, karena sesuai jadwal pengumumannya sekitar jam 9, akhirnya ngaret sampai jam 11 kalo gak salah, disitu kami semu sudah harap harap cemas, akhirnya semua guru datang ke dalam lab, kata guru kami : “kita mulai dengan pengumuan ranking”. Tapi sebelumnya itu guru agama kami mengajak kami berdo’a bersama,do’a udah selesai lanjut pengumumannya. Ranking ke -3 temen gua satu kelas, namanya Arta Ariska Sihaloho, dia maju ambil surat kelulusannya, trus ranking ke – 2 temen gua juga Cuma beda kelas, dia kelas 12 B, aku 12 A, dia maju ambil surat kelulusan juga, nah dia yang ditunggu tunggu dan jadi pertanyaan dihati gue : Siapa yang dapat ranking 1 ?, kataku dalam hati, dan akhirnya guru gua bilang : “Ranking 1 adalah ananda Rizky Hidayatulloh”, Alhamdulillah ya Allah, aku gak nyangka bisa dapat ranking 1, temen gue arta yang dari kelas 10 selalu dapat ranking 1, bisa aku geser, bener bener gak percaya gua gaes, kaya mimpi, trus guru guru yang lain pada bagiin surat kelulusan dan dibuka bersama, Alhamdulillah kami LULUS 100%,trus temen temen gua pada ngasih selamat sama gua, ada juga temen cewek gua yang datang meluk gua, trus ngucapin selamat ya dapat ranking 1, alhamdulillah dalam hati gue, rezeki nomplok hehee, habis pengumuman itu kami pulang bersama dengan rasa bahagia luar biasa, sampai rumah ortu sama kakak gua udah nunggu, aku bilang aja sama mamaku, : mak, aku gak lulus? Mamaku kaget terus aku kasih surat keterangan lulusnya, mamaku tersenyum , terus dia bilang : “alhamdulillah nak ,kau lulus dan dapat ranking 1, mama udah masakin oseng kangkung kesukaanmu” ucapnya, terus gua ganti baju, cuci tangan, terus makan dah gua, ini ending masa SMP gua, mana ending SMP loe, wkwkwkwk,
Kita skip aja ya, ni gue cerita masa SMK gue, berawal dari omongan aku dan ortuku bahwa aku udah mantep buat sekolah di Palangka Raya, akhirnya gue cari infonya tentang SMKN 1 PALANGKARAYA, gua daftar, lulus tes fisik, MOS, sampai akhirnya resmi jadi siswa SMKN 1 PALANGKARAYA, Jujur gua mau sekalian cerita juga, sebenernya gua dulu mau ambil jurusan RPL (REKAYASA PERANGKAT LUNAK) karena gua emang hobi ni kalo masalah update update teknologi termasuk komputer dan dan komponennya, tapi keinginanku berbanding terbalik dengan pemikiran bapak gue, dia malah maunya gua masuk TSM (TEKNIK SEPEDA MOTOR), katanya kalo di RPL nanti kebanyakan duduk didepat layarkomputer, pengaruhnya ke mata, alhasil karen bapak gua punya seribu alasan jitu untuk melumpuhkan harapnku, akhirnya dengan sedikit kecewa gua ambil TSM, dijurusan itu. SMK ane terkenalnya karena paling banyak jurusannya, ada 13 jurusan sama mayoritas 1000 muridnya itu didominasi siswa laki laki, jadi siswi siwsinya b isa dihitung bro. Dan kalian semua juga harus tau, apa yang ada dipikran gua ketika nanti masuk ke Jurusan TSM ? yap benar sekali, semuanya cowok,dan pasti banyak yang jadi preman dikelas, tapi ternyata kagak sob. ya begitulah,ribut bareng, ketawa bareng, dihukum bareng, nonton film bareng, intinya seru deh sob, aku malah kayaknya lebih fokus belajarnya, karena apa ? karena gak ada cewewknya, jadi gak ada yg bisa dirayu, kecuali ngerayu cewek smk sebelah ( sebut saja SMK 3) wkwkwk, karena disebelah kiri kelas kami itu jurusan tata busana, jadi ya kalo ada cewek nongol di kaca jendela, yaudah selesai, 1 kelas ribut, yang minta no. HP lah, pin BBM lah, ya seperti iyulah kelas kami, TSM, kelas para cowok cowok single wkwkwkwk. Cerita berlanjut ke kelas 11 , Karena sesuai dengan kurikulum bahwa kelas 11 nanti kami akan melaksanakan PRAKERIN ( Praktek Kerja Industri ), Jadi dulu aku sama temanju ber 3 kami prakerin di bengkel, karena di dealer resmi sudah full semua anak SMK magang, kebetulan tempat magang gue gak jauh dari kostan , seingat aku dulu itu kami magang hari senin – jum’at, jadi hari sabtu -  minggu kami libur. Tapi kata boss ku kalau mau main hari sabtu / minggu ke bengkel silahkan, katanya. Kami magang selama 4 bulan dari bulan Desember akhir – Awal Mei, banyak pengalaman yang aku dapat dari bood brngkel ku dulu waktu magang, dia juga cerita kalo dulu itu dia sekolah sma, terus ikut orang di perusahaan jadi tau mesin – mesin sampai akhirnya memberanikan diri membuka bengkel. Skip aja ya gaes, Prakerin selesai , dan masuk seperti biasa beberapa bulan kemudai kami ulangan kenaikan kelas, owh iya lupa gaes, meskipun kami dulu magang, tapi guru mata pelajaran sebelum kami magang membekali kami tugas yang numpuk, jadi ya setelah kami selesai magang, tugas itu juga harus selesai. Skip aja ya gaes ke kelas 12, kelas 12, ibaratnya kami ini udah sebagai penguasa sekolah ,, eaaa hahaha, gak kok bercanda, pokoknya kami kelas 12 itu istillahnya angkatan tua nya, jadi ya gimana ya, adek kelas pada nurut nurut semua. Dikelas 12 pun kami magang selama 2 bulan, dan ya alhasil kami berdua ( aku sama joy panca) magang ke bengkel yang sama seperti dulu kami magang dikelas 11. Magang selesai kami pun disibukkan dengan tugas dan mulai ditambahkan jam belajar, jadi kami udan mulai LES, berangkat pagi jam 6 pulang jam 3,kadang setengah 4. Sampai pada waktunya Ujian Nasional, disekolah kami sudah menggunakan sistem UN Online, jadi sebelum UN itu kami ada simulasi bagaimana cara menggunakannya, mulai dari login ke akun siswa kita masing masing, cara menjawab nya, dsb, akhirnya kami siap untuk menghadapi UN, sistemnya di layar komuter kanan atas itu ada waktu , yaitu 120 menit atau 2 jam, jadi ya ibaratnya seoalnya misalkan 60 soal ya setiap 1 soal kita diberi waktu 2 menit, UN selsai , Ujian Sekolah dan Ujian Praktek menanti, skip aja ya gaes, langsung ke acara pengumuman kelulusan, Pagi itu, entah hari apa gue lupa, kami seluruh murid kelas 12 berkumpul di aula SMK, karena hari itu adalah hari pengumuman kelulusan, Acara dimulai dengan sambutan kepala sekolah kami, kemudai hiburan dengan menampilkan tarian adat dayak, kemudai kami berfoto bersama guru & krtua jurusan kami, begitupun disusul dengan jurusan yang lain. Sampai di inti acara, yaitu pengumuamn kelulusan, kami berbaris kemujdain berjalan menyalasmi seluruh guru kami, dan disela itu ada amplop keterangan kelulusan yang dipegang oleh ketua jurusan masing masing, dan sampainya diluar aula aku buka suratnya dan Alahmdulillah aku lulus, banyak temen temen gue yang coret coret baju , selfie / foto bersama dengan guru untuk meraqyakan kelulusan mereka, gua yang awalnya pake baju korps gua ganti pake baju pramuka, terus ada adek kelas gua, dia jurusan TGB, pengen foto ama gua, yaudah ane ladenin, foto selsesai, gua balik pulang ke kost, sementara temen temen gue yang lain pada konvoi dijalan pake motor, entah kenapa gie gak ada hasrat buat corat coret, serius. Sampai dirumah gue nelpon ortu gue, gue kasih tau kalo gue lulus.

INI CERITA GUE, MANA CERITA LOE???


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan K2MJ Jurusan PTK UPR 2018

Assalamu'alaikum Wr. Wb, apa kabar sahabat blogger semuanya, semoga dalam keadaan sehat wal afiat. Kali ini saya akan share pengalaman saya saat menjadi salah satu panitia dalam kegiatan K2MJ PTK UPR 2018. Jujur saja saya awalnya tidak mau berpartisipasi menjadi panitia, namun karena desakan kawan dan mumpung libur masih panjang, jadi daripada gak ada waktu lebih baik ada kegiatan, daripada luntang lantung belum aktif perkuliahan. Ok singkat saja, K2MJ merupakan acara tahunan yang diadakan pada Jurusan Pendidikan Teknologi & Kejuruan Universitas Palangka Raya setiap tahunnya, istilahnya ya kegiatan keakraban mahasiwa baru di jurusan PTK, untuk Ketua Kegiatan K2MJ itu saudari Erin Kristina dari PRODI Pendidikan Teknik Bangunan, karena Jurusan PTK ini tedapat 2 Program Studi, yaitu Pendidikan Teknik Mesin dan Pendidikan Teknik Bangunan. Untuk yang penasaran dengan orangnya, dibawah ini adalah foto ketua K2MJ tahun 2018 Lanjut ya, untuk wajah" panitia yg lainnya ada di

CERPEN #1 : MERINDU YANG TAK BERUJUNG

MERINDU YANG TAK BERUJUNG Disudut halte , hujan mendayu dayu, irama gemuruh guntur saling bersautan. Disitu aku masih menunggu, batang hidung lina tak kunjung datang, Tak satupun kabar yang kuterima, selain telpon terakhirnya pagi ini, sudah petang kini ia tak kunjung sampai. Semakin malam hujan semakin deras, dingin mulai menyelimuti tubuh ini. Sudah sejak lulus smp itu aku tak pernah bertemu dengannya, karena dia melanjutkan sekolah di kota orang, Dan aku, aku masih tetap disini, dengan baju SMA ku, aku ingin sekali sekolah diluar kota, tapi ada dayaku , orang tuaku tak mengijinkanku. Kereta tiba, dan tak lama beberapa kerumunan orang keluar dari kereta , ada seorang wanita datang menghampiriku dan berkata : kamu Andi ya, ini aku Lisa ? Aku tersenyum sipu dan menjawab : Iya, ini aku Andi, Tak lama kemudian dia memelukku dengan erat seraya berbisik ditelingaku : Aku rindu sekali denganmu kawan, sudah lama tak jumpa, akupun membalas : iya aku juga rindu sekali denganmu, jawabku,

Kisah Cinta (Katanya)

Cerita terinspirasi dari kejadian nyata yang dialami oleh teman saya sendiri. Jadi disini saya menyamarkan nama asli mereka dan menggantinya dengan nama samaran demi privasi dari teman saya itu sendiri. Jadi awalnya kisah ini dimulai dari seorang cewek bernama nisa, mahasiswi di salah satu universitas di kalimantan tengah, Dia bercerita panjang lebar tentang kisah cintanya dengan seorang cowok yang dia anggap sedikit “absurd/aneh”. Awal nisa kenal dengan cowok ini, sebut saja namanya rama ketika memasuki semester 4 perkuliahan, perkenalanannya dimulai dari jejaring sosial, kemudian berlanjut dengan saling berbalas DM / Direct Message, sampai akhirnya mereka bertemu , nyaman , lalu jadian. Di titik ini nisa mengaku bahwa pacarnya ini sangan perhatian, FYI, pacar nisa ini sudah bekerja, sedangkan nisa masih kuliah, jadi untuk ketemuan kebanyakan mereka lakukan pada malam hari. Awal jadian memang manis, kadang bisa seharian berbalas chat sampai tak ingat waktu, tak ada kabar sedikit ri